| Home | Buku | Menu Sehat |

Welcome to my webblog, I hope You enjoy it

Thursday, May 11, 2006

Manfaat Index Buku


Kata "Index" ini yang kalau dialihbahasakan ke bahasa kita adalah "Indeks". Masih juga asing kedengarannya, tetapi sebenarnya sangat membantu dalam penelusuran informasi di suatu terbitan buku terutama buku referensi seperti ensiklopedia. Namun kenyataannya tidak semua orang menghiraukan keberadaan Index ini
Ini bisa dimaklumi, mengingat mereka belum mengerti benar manfaatnya, dan juga letaknya yang berada di penghujung buku sehingga luput dari perhatian.
Arti Indeks (dalam kamus besar Bahasa Indonesia) adalah daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku cetakan yang biasanya terdapat pada bagian akhir buku. Disusun menurut abjad yang memberi informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.
Kebanyakan dari pengguna perpustakaan dalam mencari informasi di buku ensiklopedia, yaitu langsung membuka halaman demi halaman. Padahal kalau mereka gesit bisa melihat ke "Indeks". Misalkan mau mencari topik mengenai hewan air "lumba-lumba". Kita menuju bagian rak Referensi untuk mengambil Ensiklopedia khusus binatang, dan melihat pada bagian "Indeks" melalui kata "lumba-lumba". Khusus untuk ensiklopedia berbahasa Inggris tentunya kita terjemahkan dulu kata lumba-lumba, yaitu "dolphin". Setelah ketemu kata yang dimaksud pastilah tertera juga nomor halaman yang harus dituju. Misalnya di index tertulis = dolphin 79 . Artinya, yaitu kita disuruh membuka halaman 79. Nah pasti disitu terdapat informasi yang lengkap mengenai hewan air "lumba-lumba".


© ---2006-2008 Perpuska---